Minggu, 29 November 2009

Minimnya Komunukasi Menyebabkan Rusaknya suatu Organisasi

Komunikasi adalah saran yang palling penting dalam berorganisasi. Kita melakukan sebuah hubungan dengan orang lain membutuhkan komunikasi,dalam organisasi hal tersebut sangat penting. Sebuah organisasi berjalan dengan baik jika didalam organisasi tersebut terdapat komunikasi yang baik, saling bekerjasama dan membutuhkan satu dengan yang lain.
Sebuah organisasi tidak dapat dipisahkan dari yang namanya konflik,keputusan, dan solusi. Sebuah organisasi yang dilihat dari luar baik-baik saja, belum tentu menjadi jaminan kalau organisasi tersebut tidak ada masalah ataupun konflik yan timbul. Dalam organisasi konflik bisa terjadi dalam diri sendiri,2 orang, ataupun lebih. Konflik sendiri terjadi disebabkan karena banyak hal yaitu diantaranya, kecemburuan sosial soal kedudukan dalam organisasi, kurang adanya komunikasi atau mis comunication, perbedaan pendapat dan lain-lain.
Minimnya komunikasi dalam organisasi sangatlah tidak baik, karena semua yang dilakukan membutuhkan adanya sebuah proses komunikasi yang baik. Sebuah organisasi berjalan dengan baik jika komunikasi antar sesama anggota tidak ada ganguan ataupun masalah. Tetapi jika dalam organisasi tersebut terdapat kurangnya komunikasi maka akan timbul permasalahan antara anggota yang satu dengan yang saling. Mengakibatkan munculnya sikap saling curiga-mencurgai yang berujung pada rusaknya organisasi yang sedang dijalankan.
Berbagai konflik yang timbul semuanya bisa diselesaikan dengan baik. Dengan cara pengambilan keputusan haruslah tepat sesuai denga konflik atau permasalaha yang terjadi agar tidak menimbulkan masalah baru. Keputusan yang diambil serta solusi yang diberikan haruslah tegas dan benar, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan atuapun diuntungkan. Apapun keputusan dan solusi yang diberikan itu adalah jalan keluar yang terbaik demi kepentingan bersama untuk memajukan organisasi tersebut.
Hubungan antara konflik dengan keputusan dan solusi sangat berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan,ketiganya tidak dapat berdiri sendiri. Keputusan yang diambil ataupun solusi yang dilakukan diharapkan sesuai dengan konflik yang sedang dihadapi pada saat itu. karena salah mengambil keputusan ataupun solusi bisa menyebabkan timbulnya masalah baru dalam organisasi tersebut.

Tidak ada komentar: