Minggu, 29 November 2009

Perbedaan Visi dan Misi dalam Organisasi

Sebuah organisasi dikatakan berhasil jika, didalam organisasi tersebut semua orang yang terlibat memiliki visi dan misi yang sama. Kerena jika visi dan misi yang dijalankan oleh setiap anggota berbeda-beda maka organisasi yang dijalankan tidak akan berkembang. Justru mengalami kemunduran yang berujung pada kehancuran. Oleh karena itu semua anggota pada organisasi harus memiliki visi dan misi yang sama. Jika sudah sama maka apa yang telah diharapkan akan terjadi dan mudah untuk menggembangkan organisasi tersebut menjadi baik dan sukses.
Dalam organisasi kebersamaan dan rasa kekeluargaan sangat diperlukan,karena dengan adanya kebersamaan kita dapat melakukan atau menjalankan program atau tugas kerja yang telah kita buat dan rencanakan dengan baik dan hasil yang didapat sangat maksimal dengan apa yang kita harapakan.
Sebuah organisasi berjalan dengan baik jika didalamnya terdapat visi dan misi yang sama. Jika pada organisasi tidak terdapat hal tersebut maka yang dapat dialami adalah kegagalan dan organisasi tersebut tidak berjalan dengan baik. Gagalnya sebuah organisasi disebabkan adanya masalah yang timbul yaitu perbedaan visi dan misi yang berbeda dari tiap-tiap anggota. Mengakibatkan timbulnya rasa ingin melakukan sesuatu tanpa memikirkan orang lain, bertindak sesuai dengan apa yang dia inginkan,dan peraturan yang telah dibuat tidak ditaati.
Jika dalam organisasi tersebut telah timbul konflik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sebuah keputusan yang tidak menyebabkan satu pihak diuntungkan dan pihak lain dirugikan. Serta memanggil orang-orang yang terlibat dalam konflik tersebut dan memperdamaikan mereka. Kemudian hal yang paling penting adalah menyatuhkan visi dan misi agar organisasi tersebut kembali berjalan dengan baik.
Yang paling terpenting adalah jika konflik yang timbul dalam organisasi harus diselesaikan dengan rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta menyatukan visi dan misi dan tetap fokus pada tujuan yang telah disepakati. Maka apa yang diharapkan dari oarganisasi tersebut akan berjalan sesuai dengan yang diharapakan.

Tidak ada komentar: