Selasa, 29 Desember 2009

Kebersamaan dalam Memecahkan sebuah permaslahan

Organisasi adalah suatu wadah dimana dapat mempersiapkan seseorang untuk siap terjun kedunia usaha. Dalam organisasi hal yang paling terpenting adalah mengerjakan sesuatu dengan bersama-sama saling bahu-membahu dan memiliki rasa saling melengkapi. Organisasi berjalan dengan baik apabila semua orang yang terlibat memiliki jalan pikiran yang sama dan fokus pada apa yang akan dicapai.
Rusaknya atau hancurnya sebuah organisasi disebabkan karena banyak hal ataupun faktor. Bisa karena kepentingan pribadi maupun perbedaan jalan pikiran. Kenyataan serta pengalaman yang terjadi, jika dilihat konflik yang timbul dalam organisasi karena kurang adanya rasa kebersamaan,serta tidak memperdulikan atau menghargai orang lain, lebih ementingkan diri sendiri atau kepentingan pribadi dari pada kepentingn bersama. Serta timbulnya rasa curiga yang mengakibatkan timbul masalah antara anggota dan lain-lain. Sebuah masalah atau konflik yang terjadi didalam sebuah organisai jangan dibiarkan berlarut-larut, harus dilakukan penyelesaian agar konflik yang terjadi tidak meluas dan menggangu anggota lain. Sebuah keputusan dan solusi sangatlah penting dan berguna.
Sebelum mengambil sebuah keputusan atau mencari solusi dari permasalahan yang ada, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari duduk permasalahan dari konflik yang terjadi dan mempertemukan orang-orang yang terlibat dalam konflik tersebut, dengan memperdamaikan mereka serta membina dan menasihati mereka. Setelah itu diambil keputusan sesuai dengan permasalahan yang terjadi dan mencari jalan keluar yag baik agar tidak timbul permasalahan yang baru.
Yang paling penting adalah ditanamkan pemikiran positif dalam organisasi serta harus solid dan bekerjasama. Sifat Profesional pun sangat deperlukan untuk keberhasilan suatu organisasi. Apapun permasalahan atau konflik yang terjadi harus diselesai kan dengan bersama-sama dengan kepala yang dingin untuk mencari jalan keluar yang terbaik, untuk kemjuan organisasi tersebuat. yang terpenting buanglah rasa ingin menang sendiri.

Tidak ada komentar: