Rabu, 30 Desember 2009

KEBURUKAN STRUKTUR ORGANISASI STAFF dan FUNGSIONAL PADA SUATU INSTITUSI PENDIDIKAN

Sebuah organisasi dikatakan baik jika didalamnya terdapat struktur organisasi yang jelas, serta dapat dimengerti dan dipahami oleh semua orang yang terlibat didalamnya.
tak jarang dalam setiap struktur organisasi yang dibuat dalam sebuah lembaga pendidikan terdapat kekurangan atau keburukan pada struktur tersebut. dan yang akan dibahas pada tugas ini adalah tentang keburukan dari struktur organisasi staaf pada suatu institusi pendidikan.

Pada struktur organisasi ini tidak begitu sistimatis dan tersusun secara terarah seperti pada struktur organisasi garis. pengertian dari struktur organisasi staff itu sendiri adalah sebuah hubungan atau relasi antara ketua atau pimpinan secara langsung kepada staff atau bawahannya. dalam hal ini staff membantu pimpinan dalam menjalankan atau memberikan bantuan untuk keberhasilan organisasi yang dijalankan.

Stuktur organisasi staff memiliki keburukan atau kekurangan yaitu :
1. tugas pokok dari staff sering dinomor duakan atau diabaikan
2. pemimpin sering bertindak otoriter
3. jika pekerjaan tidak terkontrol dengan baik maka menimbulkan kesalah pahaman

Kelebihan organisasi staff adalah :
1. terdapat pembagian tugas yang merata dan jelas
2. kerjasama yang baik antara staff dan pimpinan
3. staff semakin berkembang dan kerjanya terkontrol

Organisasi fungsional Organisasi fungsional adalah bentuk organisasi yang mana kekuasaan pimpinan diberikan kepada kepala bidang untuk memimpin atau mempunyai kuasa terhadap staff yang ada dibawahnya dalam satuan bidang pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Setiap kepala dari satuan mempunyai kekuasaan untuk memerintah dan mengawasi semua pejabat bawahan sepanjang mengenai bidangnya. dan memberikan perhatian yang sungguh-sungguh pada saat pembagian kerja. Pembagian kerja didasarkan pada "spesialisasi" yang diberikan.

keburukanya adalah :
1. ruang gerak seseorang menjadi terbatas
2. inisiatif sseeorang sering tertekan karena sudah dibatasi pada satu fungsi
3. pertukaran pekerjaan sulit dilakukan
4. masing-masing orang lebih cenderung mementingkan pekerjaanya sendiri-srndiri.

kelebihannya adalah :
1. terdapat pembagian tugas yang baik
2. hasil yang diinginkan tercapai dengan baik
3. kedisiplinan dalam melakukan pekerjaan
4. kerjasama yang baik antara bidang yang satu dengan yang lain

Dengan demikian maka jika pada sebuah struktur organisasi telah diketahui kelebihan dan kekurangannya maka yang akan dilakukan untuk memajukan organisasi tersebut sangatlah mudah. dan dengan semakin banyaknya sistem yang dipahami maka dapat menambah pengalaman untuk lebih mengembangkan organisasi kearah yang diharapakan.

Tidak ada komentar: