Rabu, 30 Desember 2009

KEBURUKAN STRUKTUR ORGANISASI GARIS dan FUNGSIONAL PADA SUATU INSTITUSI PENDIDIKAN

Pada setiap organisasi memiliki struktur organisasi yang berbeda-beda, baik berupa garis atau staff. Dan dari semua itu terdapat kekurangan atau keburukan dari struktur orgnisasi tersebut. Dan yang akan dibahas pada tugas ini adalah sturktur organisasi garis.

Pengrtian dari sturktur organisasi garis adalah sebuah sturktur yang mana terdapat garis yang menggambarkan kedudukan atau posisi dari ketua sampai dengan anggotanya secara tersusun dan sistimatis. Serta terdapat posisi-posisi yang telah diatur dan ditentukan, dan dijalankan sesuai dengan fungsi dari masing-masing tugas yang telah diberikan.

Keburukan atau kekurangan yag terdapat pada sturktur organisasi ini adalah :
* Setiap orang akan melakukan tugasnya masing-masing sesuai dengan posisinya dan dan tidak bisa mengatur posisi yang lain.
* Setiap anggota dari masing-masing seksi atau bagian melaporkan tugasnya kepada kepada kepala seksi masing-masing, dan tidak langsung ke ketuanya.
* sedangkan yang berhubungan langsung dengan ketuanya adalah kepala bagian dari masing-masing seksi.
* ketua cenderung bersifat otoriter tanpa mementingkan saran atau solusi dari anggotanya.
* pada pengambilan keputusan cenderung ketua yang lebih berhak dan angggota jarang dilibatkan dalam rapat atau pun pengambilan keputusan.
*anggota akan mengetahui hasil keputusan dari sebuah masalah setelah semua selesai dibahas.

Kelebihan dari sruktur organisasi garis adalah :
* sistem organisasi dibuat secara tersusun dan sistimatis
* susunan mudah dimengerti
* masin-masing orang mengerti tentang tugas dari fungsi-fungsi mereka

Pada sturktur organisasi garis ini banyak kita jumpai pada dunia pendidikan baik yang berada pada jenjang dasar, menengah, kejuruan atau tingkat atas serta perguruan tingggi. Dan tanpa kita sadari kita juga terlibat didalamnya atau pernah mengalaminya. dan bukan saja didunia pendidikan tapi terdapat juga pada bidang-bidang yang lain di luar dunia pendidikan. semuanya juga memakai sistem tersebut.

Apapun organisasi dengan sturkturnya berbeda, yang memiliki kakurangan, keburukan serta kelebihan semuanya merupan sebuah keunikan yang memberikan banyak pengalaman kepada kita yang terlibat didalamnya.

Tidak ada komentar: