Selasa, 01 Juni 2010

LINUX

Linux adalah suatu sistem informasi yang bersifat multi user dam multi tasking, ang dapat berjalan di berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 maupun yang lebih tinggi. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Satu hal yang membedahkan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga, linux lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Selain pertimbangan harga yaitu mengenai source code. Source kode Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya.

Linux awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem Unix kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Pada Linux terdapat banyak Distro atau distribusi. Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar Linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Contoh Distro yang ada pada Linux adalah Redhat, Debian, Slackware, SuSE, Mandrake WinLinux dan masih banyak lagi.

Sistem Operasi Linux/UNIX terdiri dari kernel, program sistem dan beberapa program aplikasi. kernel merupakan inti dari sistem operasi yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan keluaran, proses-proses, pemakaian file pada file sistem dan lain-lain. kernel menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi. Perbedaan mendasar antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan sedangkan program aplikasi adalah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu.

Tidak ada komentar: