Selasa, 19 April 2011

Apa Itu Internet

Secara teknis, sebuah komputer dapat kita hubungkan dengan komputer lain agar dapat berkomunikasi dan bertukar data. Sekelompok komputer yang salig terkait membentuk sebuah jaringan komputer. dalam sebuah jaringan komputer , ada server atau komputer induk yang berperan sebagai pusat peyedia data dan layanan. Komputer- komputer lain yang terhubung ke server disebut Client (klien). Contoh jaringan komputer yang paling mudah kita temukan adalah jaringan komputer lokal di lingkup sekolah atau perkantoran.

Internet adalah sebuag jaringan komputer global. Internet tersusun atas ribuan jaringan komputer dari berbagai belahan dunia yang saling terhubung. Internet dapat diibaratkan sebagai induk dari jaringan komputer. Untuk mengakses internet , komputer kita harus terhubung ke sebuah ISP (internet service provider). ISP adalah penyedia jasa layanan Internet. ISP berperan sebagai perantara dalam hubungan komputer kita dengan server-server yang ada di internet.

Melalui Internet, sebuah komputer dan penggunanya dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di lokasi, wilayah, atau bahkan negara lain tanpa batas ruang dan waktu. hasilnya, berbagai aktivitas dapat dilakukan oleh pengguna komputer yang terhubung ke Internet. secara teknis, kita dapat melakukan proses pertukaran data elektronik , pencarian dan penyajian informasi, serta berbagai aktivitas komputerisasi lainnya.

Tidak ada komentar: