Kamis, 13 Mei 2010

Keindahan Maluku Tenggara


Maluku Tenggara adalah sebuah daerah yang terletak di laut Arafura, yang berada di Propinsi Maluku. Maluku Tenggara atau lebih terkenal dengan Nuhu Evav, memiliki dua pulau besar yaitu Kei Besar dan Kei Kecil, dan banyak pulau kecil lainnya. Suku asli daerah ini adalah suku Kei. Daerah ini banyak terkenal dengan adat istiadatnya, tarian adat, lagu-lagu daerah dan keindahan alam yang begitu alami. kekayaan laut yang berlimpah dan indah, dan masyarakat yang hidup saling berdampingan tanpa melihat perbedaan agama, golongan dan asal daerahnya. Makan Pokok daerah ini adalah embal dan Sayur Arwan sir-sir.

Adat istiadat pada daerah ini masih dijunjung tinggi. Bahasa daerahnya adalah bahasa Kei. masyarakatnya hidup dalam aturan adat yang terus-menerus di turunkan ke anak cucunya. Apa pun yang dilakukan harus sesuai dengan adat yang berlaku. Adat istiadat yang sering dikenal dengan Hukum Adat Larwul Ngabal. Dan terdapat Tua-tua adat yang sering menjadi pemimpin pada Upacara adat yang dibuat. Masing-masing kampung atau desa memiliki cerita adat yang berbedah-bedah, tarian dan keunikan tersendiri.

Tual adalah ibu kota dari maluku tenggara. begitu banyak tempat wisata yang dapat kita temui disini. tempat wisata yang paling banyak adalah pantai, karena bagian besar daerah ini adalah laut. Keindahan pantainya membuat kita menjadi tak bida untuk melupakannya. Yang paling terkenal adalah pantai pasir panjang atau ngurbloat. Yang terletak di pulau kei kecil. Keindahan pantai ini banyak menarik minat masyarakat baik masyarakat daerah sendiri atau wisatawan asing.

Pasir panjang terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang halus seperti tepung dan sanset yang indah pada sore hari. Pantai yang bersih dan indah membuat kita untuk tetap berada di daerah ini. Dan juga terdapat terdapat tempat makan yang menghidangkan ikan bakar yang segar dan makan asli daerah ini. tempat ini sangat ramai ditemui bila hari libur karena sebagai tempat untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Bukan saja keindahan pantai yang indah, tetapi juga keindahan taman laut yang penuh dengan jenis-jenis ikan yang beraneka ragam dan terumbuh karang. Di sini juga terdapat tempat permandian alami yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan asing. Begitu banyak tempat wisata yang masih alami dan membuat kita tidak akan bosan bila berkunjung kesana.

Tidak ada komentar: