Rabu, 28 April 2010

Pasar Tradisional dan Pasar Moderen disekitar Lingkungan Tempat Tinggal

Pasar tradisional adalah sebuah tempat yang mana diakan proses jual beli antara penjualdan para calon pembeli dan dapat melakukan proses tawar menawar secara langsung dan bersifat tradisional. sedangkan, pasar moderen itu sendiri adalah pasar yang bersifat moderen dimana barang-barang yang diperjual belikan dengan harga pas dan memiki layanan tersendiri seperti si plaza,mal dan lain-lain.

Dari pengertian diatas dapat dilihat bahwa pada kenyataan kebanyakan orang-orang yang berada dikalangan atas lebih tertarik untuk berbelanjah di pasar moderen dibandingkan dengan pasar tradisional. Karena bagi mereka lebih berkualitas, dan apa yang dicari pun dapat didapatkan disana dan fasilitas yang ditawarkan pun begitu bagus seperti tempat yang bersi dan tertata rapi, Full AS, tersedia tempat parkir, dan kenyamanan pun terjamin. Sebaliknya pasar tradisional itu lebih identik dengan orang-orang atau masyarakat kalanagn bawah. Karena sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari atau butuhkan, murah dan dapat ditawar barabg-barang yang mau dibeli. Sulit untuk orang-orang kalangan atas untuk berbelanjah di pasar tradisional, karena bagi meraka pasar tradisional itu identik dengan suasana yang kumuh, kotor dan bau, keamannya pun kurang terjamin, tidak rapi dan tidak ada lahan untuk parkir kendaraan.

Pada pasar tradisional meskipun tempat yang kita jumpai kurang nyaman seprti tempat yang kotor kurang tertata denga rapi kebersihan tempatnya pun kurang terjamin, tetapi barang-barang yang dijual murah dan alami ,kebanyakan barang yang dijual adalah barang pokok. Dan pada pasar moderen tempatnya pun tertata dengan rapi dan barang-barang yang dijual pun bermacam-macam. semua yang kita butuhkan ada disini mulai dari bahan pokok sampai pada barang-barang kebutuhan lain.

Di lingkungan tempat tinggal saya, masyarakat pada umumya lebih senang berbelanja ke pasar tradisional. karena bagi mereka barang-barang yang diperlukan murah dan tidak berbeda jauh dengan pasar moderen. dan barang-barang yang dijual langsung diambil dari kebun masih segar dan alami. sedangkan bagi mereka pasarnya moderen yang lebih identik dengan Plaza dan Mal hanya untuk mencari kesenangan.

Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa baik pasar tradisional atau moderen memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. produk yang mereka tawarkan pun bermacam-macam dan harga yang ditawarkan pun berfariasi, peminat atau pengunjung punn berbeda.

Tidak ada komentar: