Minggu, 03 Januari 2010

DAMPAK INTERNET DALAM DUNIA KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan emosi untuk mencapai sesuatu bersama atau pertukaran pesan agar tercapai pemahaman yang sama tentang pandangan, gagasan dan pengalaman. Komunikasi itu bersifat timbal balik, bersifat simbolik, dan komunikasi itu mengenal konteks orang, tempat dan waktu. Tanpa komunikasi maka manusia tidak dapat melakukan apa-apa. Karena komunikasi adalah alat yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. komunikasi sangat penting dan diperlukan dalam segalah bidang kehidupan. Mulai dari masyarakat yang terkecil hingga terbesar memerlukan komunikasi. Dalam komunikasi tedapat Proses penyampaian pesan dari seseorang (pengirim) kepada orang lain (penerima) dengan maksud menerima umpan balik. Manfaat dari komunikasi sendiri adalah Membantu pertumbuhan kepribadian yang sehat, membantu memenuhi kebutuhan hidup, mengembangkan hubungan interpersonal. Begitu pulah dalam dunia internet komunikasi sangat diperlukan.

Pengertian internet adalah diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia , dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet. Secara gampangnya internet itu adalah gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.

Internet adalah suatu alat komunikasi yang sangat banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai kantoran dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bias didapatkan dari internet ini. Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada internet. Segalah bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia internet sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan, hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar. Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.

Internet membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan komunukasi, apa lagi dengan adanya fitur-fitur pada internet seperti google yang bisa membantuh kita dalam pencarian informasi dan data-data yang sedang kita butuhkan. Bukan saja itu terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai digunakan orang untuk memberikan berbagai macam komunikasi. Dengan adanya layanan ini maka maka kita dapat berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat kita baik dalam negeri maupun yng diluar negeri, bukan saja itu terdapat juga Elektronik mail (E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat dengan orajng lain, tanpa mengenal batas waktu, ruang bahkan birokrasi. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet. world wide web(WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil, memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links. Mailing list Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail. mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet .

Bukan saja itu, Download Adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet. File transfer protocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file atau document yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut. Dan masih banyak lagi fitur-fitur pada internet yang setiap saat akan selalu memberikan informasi-informasi yang terbaru kepada kita pada saat kita membutuhkan informasi tersebut. Dengan demikian maka untuk hal berkomunikasi dapat kita lakukan secara mudah dan cepat dengan menggunakan fasilitas tercanggi yang terdapat pada jaringan internet sendiri.


Tapi terkadang ada pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa internet dapat mendatangkan suatu dampak negative. Pada internet terdapat situs-situs porno, internet itu adalah virus dan hal-hal negative lainnya. Pada hal yang paling terpenting adalah bagaimana dari diri kita sendiri melihat tentang hal tersebut. Bagaimana cara kita menggunakan sarana komunikasi ini sebagai sesuatu yng bermanfaat, dan berguna bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita harus bersyukur dengan hadirnya internet kita dapat melakukan berbagai hal dalam alat komunikasi yang satu ini, dan berbagai macam hal-hal mudah yang dapat kita lakukan. Internet telah mengubahkan dunia ini, dengan adanya internet menjadikan dunia ini bagaikan duni tanpa batas. Gunakan internet sebagai sarana alat komunikasi yang dapat membatuh kita untuk hal-hal yang posotif dan berguna.


Sumber :
http://aagigih.blogspot.com/2007/07/pengertian-internet.html
www.shvoong.com/pengertian internet
Blog.uad.ac.id/jujun/files/2009/ii-pengertian komunikasi,ppt

Tidak ada komentar: