Senin, 04 Januari 2010

MANEJEMEN STATEGIS YANG DILIHAT DARI FUNGSI, SEJARAH, PROSES DAN JENISNYA

Kata “strategi” berasal dari bahasa Yunani “strategos” (stratos =militer dan ag = memimpin) yang berarti “generalship” atau sesuatu yang dikerjakan oleh para jenderal perang dalam membuat rencana untuk memenangkan perang. Definisi tersebut juga dikemukakan oleh seorang ahli bernama Clauswitz. Maka secara umum,dapat didefinisikan sebagai suatu cara mencapai tujuan. Michael Porter dalam artikelnya yang berjudul Competitive Strategy dalam Harvard Business Review, 1996, mengatakan bahwa strategi adalah sekumpulan tindakan atau aktivitas yang berbeda untuk menghantarkan nilai yang unik. Sedangkan Thompson dan Strikcland (2001) mengatakan strategi terdiri dari aktivitas-aktivitas yang penuh daya saing serta pendekatan-pendekatan bisnis untuk mencapai kinerja yang memuaskan (sesuai target).

Jadi Stategis adalah....
suatu tindakan yang menjawab tiga pertanyaan besar, yaitu :
1. Dimana kita saat ini?
2. Kemana kita ingin pergi?
*Posisi bisnis
*Kinerja finansial
*Kinerja non finansial
3. Kapan dan Bagaimana kita sampai ke sana?

Sejarah Manajemen Strategik
Perkembangan manajemen strategik di negara maju melalui empat tahapan, yaitu:
1.Anggaran dan Kontrol Keuangan (1900an)
2.Perencanaan Jangka Panjang (dari 1950an)
3.Perencanaan Strategik Perusahaan (dari 1960an)
4.Manajemen Strategik (dari medio 1970an)

Arti Manajemen Strategik

suatu seni dan ilmu pembuatan (formulasi), penerapan (impelemntasi) dan evaluasi keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan di masa yang akan datang. Atau,Proses penetapan tujuan organisasi, mengembangkan kebijakan dan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengalokasikan sumberdaya untuk implementasi rencana-rencana tersebut.

Karakteristik Manajemen Strategik
1.Berorientasi masa depan
2.Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks
3.Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi
4.Batas-batas tugas tidak jelas
5.Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya
6.Ada target waktu yang jelas
7.Memerlukan perhatian manajemen puncak


Proses Manajemen Strategik

1.Mendefinisikan kegiatan utama organisasi (core business), menetapkan visi dan misi organisasi
2.Menetapkan tujuan organisasi yang terukur
3.Menyusun strategi untuk mencapai tujuan
4.Mengimplementasikan dan mengeksekusi strategi
5.Melakukan evaluasi

Secara umum, kita mendefinisikan strategi sebagai suatu cara mencapai tujuan.
Strategi dapat bersifat hidden atau tersembunyi, tidak mudah diketahui pihak luar, bahkan orang dalam sekalipun, dapat pula bersifat open, terbuka, orang dapat dengan mudah menentukan strategi yang dilakukan suatu perusahaan. Strategi itu proaktif (intended and deliberate) tetapi sekaligus juga reaktif (adaptive).

Strategi dan Perencanaan Strategik
Menetapkan visi strategik, misi, tujuan dan menentukan strategi merupakan proses merencanakan masa depan perusahaan. Perencanaan tersebut meliputi kinerja perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, juga mengenai rencana aksi-aksi menghadapi pesaing.

Sumber : Modul menajemen strategis, (http://www.encyclopedian.com), (Agustinus Sri W., 1987, Man(http://www.investorwords.com). ajemen Strategik: Pengantar Proses Berpikir Strategis, Binarupa Aksara).

Tidak ada komentar: