Minggu, 03 Januari 2010

MEMORY / STORAGE UNIT

Pertayaan :
Tulislah perangkat komputer yang ada hubungannya dengan Arsitektur Komputer

Jawab :

MEMORY / STORAGE UNIT

Memory atau Storage Unit adalah tempat untuk menyimpan atau menampung data / program dalam suatu sistem komputer. Memory terdapat atau terletak didalam CPU
Memory / Storage dalam sebuah sistem komputer terdiri atas tiga bagian yaitu :

1.Internal Storage atau sering disebut juga sebagai Main Storage adalah memori yang memiliki tugas atau fungsi sebagai penampung data dan instruksi / progaram dari input device untuk dilanjutkan ke CPU (Central Processing Unit) dan juga tempat untuk menampung data / hasil kerja dari CPU sebelum dilanjutkan ke Output Unit. Dan yang harus diketahui Data, Program dan hasil pengolahan yang terdapat dalam internal storage ini hanya bersifat sementara waktu selama pengolahan berlangsung.

2.Auxiliary Storage adalah storage yang tugasnya untuk membantu main storage dalam pengolahan data dan berada diluar main storage, dan juga bersifat sementara waktu selama pengolahan sedang berlangsung.

3.External Storage adalah storage yang berfungsi untuk menyimpan data dari luar main storage dalam waktu yang sangat atau relatif lama, dan biasanya juga dapat menampung data dalam jumlah yang sangat besar, misalnya dalam media penyimpanan seperti Tape, Disk dan lain-lain.

Catatan :

Khusus buat main storage, biasanya mempunyai satu bangunan dengan CPU. Bentuk data dalam storage tersebut adalah dalam bentuk ‘Binary’, yang merupakan kode yang mewakili angka, huruf, tanda-tanda baca yang kita kenal sehari-hari. Lokasi atau posisi didalam main storage dinamakan sebagai ‘Address’ yang mudah didapat bila diperlukan, baik untuk data maupun progaram. Ukuran atau kapasitas address yang terdapat dalam main storage adalah menentukan jumlah data dan program yang dapat disimpan oleh main storage dalam waktu pengolahan. Dengan demikian maka ukuran besarnya suatu sistem komputer ditentukan oleh kapasitas dari pada storage tersebut.

Tidak ada komentar: