Minggu, 03 Januari 2010

FUNGSI MANAJEMEN STRATEGIS PADA PERUSAHAAN

Manajemen biasanya didefinisikan sebagai fungsi manajer, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Jadi dapat dikatakan bahwa menajemen adalah suatu proses. Proses merupakan suatu cara sistematis yang sudah ditetapkan untuk melakukan kegiatan. Dengan merujuk pada definisi diatas, maka menajemen berarti suatu proses yang menekankan keterlibatkan dan aktivitas yang saling terkait untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Tingkatan Manajemen
* Strategic planning level
* Management control level
* Operational control level


Strategis manajemen sendiri adalah manajer pada tingkat tertinggi hirarki organisasi, seperti direktur dan para wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis. bertangung jawab atas pengelolaan organisasi atau perusahaan secara keseluruan. Menetapkan arah kebijaksanaan, membuat rencana dan sasaran jangka panjang, merumuskan strategis, menyusun prosedur operasional organisasi secara umum, serta menetapkan pedoman interaksi organisasi atau perusahaan dengan lingkungannya. Jadi, manajer tingkat tinggi atau atas memerlukan informasi berupa ringkasan dari seluruh transaksi yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Informasi dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, yang penting berupa informasi global dari seluruh transaksi yang terjadi.

Fungsi dari manajemen strategis
konsep-konsep strategis selalu saja memperoleh perhatian serius di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan terlibat lebih dari satu elemen pembentuk keadaan internal dan juga berbagai penampilan organisasi sejenis lainnya sebagai competitor. Bila decision making dan planning merupakan fungsi dari manajemen, maka begitu jualah peranan pengambilan keputusan strategis dan perencanaan stratejik kepada manajemen stratejik. Pertama, manajemen strategis bertugas membuat keputusan strategis yang menggolakan ketetapan tujuan dan sasaran. Kemudian manajemen strategis pun menetapkan apa yang sebaiknya dilakukan untuk masa mendatang. Dan lantas menentukan siapa-siapa yang melakukannya serta bagaimana tindakannya. Setelah itu manajemen strategis meninjau, menggerakkan aktifitas operasional total pihak-pihak yang bertanggung jawab, yang terlibat dalam pencapaian tujuan dan sasaran. Singkatnya, manajemen strategis berfungsi membuat keputusan strategis, menyusun planning strategis, serta berfungsi juga untuk peninjauan atau evaluasi strategis.


Sumber : http://id.shvoong.com/business-management/management/1754361-fungsi-manajemen-stratejik. dan Pengantar Teknologi SIM 1.

Tidak ada komentar: