Senin, 04 Januari 2010

KEGIATAN SERTA TIPE KEPUTUSAN MANAJEMAN STRATEGIS

Manajemen membutuhkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan mereka. Sistem informasi mempunyai peranan yang penting dalam menyediakan informasi untuk manajemen setiap tingkatan. Tiap-tiap kegiatan dan keputusan manajemen yang berbedah membutukan informasi yang berbeda. oleh karena itu informasi yang diberikan sangat relevan dan berguna pada saat manajemen membutuhkan informasi tersebut.

A.TIPE KEGIATAN MANAJEMEN
Kegiatan majemen dihubungkan dengan tingkatannya didalam organisasi dibagi menjadi 3 bagian :
1. Perencanaan strategis : merupakan kegiatan manajemen tingkat atas, sebagai proses evaluasi lingkungan luar organisasi,penerapan tujuan organisasi, dan penentuan strategis-strategis.
* Proses evaluasi lingkungan luar organisasi : lingkungan luar dapat mempengaruhi jalannya suatu organisasi, oleh karena itu manajemen tingkat atas harus pandai mengevaluasinya, harus dapat bereaksi terhadap kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh lingkungan luar, misal prodik baru, pasar baru. Selain itu manajemen tingkat atas harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan luar yang merugikan organisasi dan sedapat mungkin mengubah tekanan menjadi peluang atau kesempatan.
* Penetapan tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi berdasarkan visi yang dimiliki oleh manajemen. Misalnya tujuan perusahaan adalah dalam waktu 5 tahun dapat menguasai pasar modal atau menjadi penjual terbesar didalam industri dengan menguasai 60% pasar.
* Penentuan strategis : Manajemen tingkat atas menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuannya. Dengan strategis semua kemampuan yang berupa sumberdaya-sumberdaya, dikerakan supayah tujuan organisasi dapat diraih.
2. Pengendalian manajemen : sistem untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategis yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisiean. Ini merupakan tingkatan taktik (tactical level),yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya perencanaan stategir dapat dilakukan dengan berhasil. Taktik yang dijalankan biasanya bersifat jangka pendek. Proses pengendalian manajemen terdiri dari : pembuatan program kerja, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, pelaporan dan analisis.
3. Pengendalian operasi : sistem untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efisiean dan efektif,ini merupakan penerapan program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen. Pengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas-tugas tungkat bawah.

B.TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN
Pengambilan keputusan (Decision making) : adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai sasaran.
Keputusan dibagi dalam 3 tipe :
1. Keputusan terprogram / keputusan terstruktur : keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat terprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah. Contoh : keputusan pemesanan barang,dll.
2. Keputusan setengah terprogram / setengah terstruktur : keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tidak terstruktur. Keputusan ini seringnya bersifat rumit dan menbutuhkan perhitungan-perhitungan serta analisis yang terperinci. Contoh : keputusan membeli sistem komputer yang lebih canggi,keputusan alokasi dana promosi.
3. Keputusan tidak terprogram / tidak terstruktur : keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur tidak mudah untuk didapatkan dan tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar. Pengalaman manajer merupakan hal yang sangat penting didalam pengambilan keputusan tidak terstruktur. Keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain adalah contoh keputusan tidak terstruktur yang jarang terjadi.

Tidak ada komentar: