Sabtu, 15 Januari 2011

Barometer Pertumbuhan Rohani

Banyak orang tidak sadar hidupnya jauh adari kehendak Tuahn. samapi mereka berada dalam masalah besar. sangat mudah untuk menyimpang dari jalan yang tuhan telah tetapkan bagi hidup kita, karena itu sangatlah bijaksana bila sesekali kita memeriksa diri. Pertumbuhan rohnimadalah satu hal yang sangat rumit untuk di ukur kemajuannya. Ada beberapa hal yang dapat kita lihat ketika kita semakin bertumbuh dewasa di dalam iman kita.

1. Kerinduan yang besar untuk lebih mengenal Tuhan
semakin kita dewasa dalam perjalan iman kita, maka kita akan memiliki kerinduan yang semakin besar untuk mengenal Tuhan. Kita tidak akan merasa puas dengan seberapa baik kita mengenal Dia maupun jalan-jalan-Nya; melainkan, kita akan terus memiliki kerinduan untuk mengenal dan memahami untuk Tuhan kita lebih dalam lagi.

2. kerinduan untuk mengetahui kebenaran Firman Tuhan
semakin kita bertumbuh didalam tuhan, kita akan memiliki kainginan untuk mengetahui apa yang Ia firmankan tentang sgalah sesutu. ita harus mencari untuk mengetahui apa yanh yang Firman Tuhan katakan tentang keluarga, hubungan dengan sesama,pelayanan,karir,politik dan aspek lainnya dalam kehidupan kita.

3. Kita semakin sadar atas dosa kita
saat kita semakin dekat dengan Tuhan, kita akan semakin sadar betapa kita sangat membutuhkan-Nya. kesadaran kita akan kedewasaan akan iman apat membawah kita agar tidak lagi dapat mentolerir dosa yang sama, yang dulunya bisa dengan mudah buat dan lakukan

4. respon yang cepat terhadap dosa, mencakup pertobatan sejati
sat kita bertumbuh secara rohani, kita tidak akan lagi mampu melakukan dosa dengan mudah. Jika suatu saat kita tersandung, kita akan ingin segera membawa dosa itu di bawah kaki Tuhan dan berpaling dari dosa kita secepat mungkin.

5. Adanya sukacita di tengah peperangan rohani yang besar
Sat kita menjadi dewasa dalam iman kita, peperangan rohani kita akan semakin besar.Ini berarti bahwa masalah kita mungkin akan semakin besar dan godaan akan semakin mengundang kita. Akan tetapi selama kita bersandar didalam Tuhan, maka semuanya dapat teratasi.

6. Melihat ujian dan cobaan sebagai kesempatan untuk bertumbuh
Kebenarannya , pada umumnya kita akan belajar lebih banyak tentang Tuhan pada saat segala sesuatu tampaknya tidak memberikan harapan. Sekalipun situasinya tidak memberikan harapan dan begitu menyakitkan, orang percaya yang dewasa menyadari suatu potensi bahwa Tuhan akan menyatakan diri-Nya dengan cara yang luar biasa.

7. Memandang pelayanan bagi Tuhan sebagai suatu kehormatan, bukan beban
saat kita bertumbuh di dalam Tuhan, kita akan memiliki keinginan untuk mel;ayani Dia. Bila kita mengasihi Tuhan, kita akan memiliki kerinduan untuk menunjukkan kasih itu dengan memberikan waktu kita. Lebih dari pada itu, motivasi kita untuk melayani adalah kasih, bukan tanggung jawab ataupun kewajiban.


Sumber : Sentuhan Hati

Tidak ada komentar: