Kamis, 06 Januari 2011

Ragam Bahasa

Pengertian ragam bahasa

Ragam bahasa merupakan variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda menurut topic yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

Ragam bahasa terjadi karena adanya interaksi antar satu atau lebih dua orang, dalam ragam bahasa juga terdapat banuak berbagai cara dalam pengucapannya misalnya jika kita sedang dalam berkumpul bersama teman - teman kampus biasanya menggunakan ragam bahasa tidak baku dan sedangkan dalam suasana yang resmi seperti di kantor, di kampus bertemu dengan dosen, atau di pertemuan resmi dan sebagainya, di haruskan menggunakan bahasa baku.

Ragam bahasa berdasarkan media atau sarana

1. Ragam bahasa lisan

Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap dengan fonem sebagai unsure dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan dasar, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide.

2. Ragam bahasa tulis

Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsure dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa atau kosa kata. Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan ide.


Contoh :
Pidato shalat Jum'at = dalam ragam bahasanya menggunakan ragam bahasa resmi dan baku, agar apa yang di sampaokan pada khotbah dapat di terima leh para jamaahnya
Pidato Upacara hari senin = menggunakan ragam bahasa baku juga karena dalam hal ini wajib menggunakan bahasa baku. agar setiap pembina memberikan pidatonya dapat tersampaikan kepada para siswa.
surat undangan = disini juga menggunakan ragam bahasa resmi, karena dalam hal ini tujuannya adalah menggundang orang untuk datang dan ini menggunakan bahasa resmi.

Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :


1. Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dsb.
2. Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa benyamin s, dan lain sebagainya.
3. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa madura, dialek bahasa medan, dialek bahasa sunda, dialek bahasa bali, dialek bahasa jawa, dan lain sebagainya.
4. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam bahasa orang-orang jalanan.
5. Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.
6. Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal (baku) dan informal (tidak baku).

Sumber :

http://organisasi.org/definisi-pengertian-bahasa-ragam-dan-fungsi-bahasa-pelajaran-bahasa-indonesia

http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/11/pengertian-ragam-bahasa.html

http://suwanto-design.blogspot.com/2009/10/pengertian-ragam-bahasa.html

Tidak ada komentar: