Sabtu, 15 Januari 2011

Interaksi Manusia dan Komputer

Istilah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK - Human Computer Interaction / HCI ) baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini, namun bengakar dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini dimulai pada sat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan sistem persenjataan yang efektif sehingga dipelajari interaksi antara manusia dan mesin.

Interaksi manusia komputer ( IMK ) melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem interaksi dalam konteks tugasdan pekerjaan user.

Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama, atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedback) dan kontrol selama pelaksanaan tugas / kerja.

  • Siapa yang terkait dengan IMK
IMK merupakan subjek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti :
1. Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2. Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karakteristik fisik user
3.Sosialogi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4. Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan
5. Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6. Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface
7. Techical writing agar mampu membuat manual
Dan lain-lain.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa IMK terkait dengan suatu sistem interaksi / interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user. Dengan kata lain merupakan perpaduan seni dan sains secara menyeluruh.

Tidak ada komentar: